Gara-Gara Catur Aku Sulit Tidur

buah_catur

Kali ini kita akan membahas  problem catur yang dikutip dari dari www.kompasiana.com oleh Indira Revi disini:

Gara-gara Catur Aku Sulit Tidur

Ternyata ada juga orang yang sulit tidur karena sangat ter-obsesi ingin memecahkan problem catur atau problem matematika.

Ini kisah nyata yang benar-benar terjadi tentang orang yang sulit tidur gegara problem matematika: Suatu ketika teman saya yang kuliah di jurusan matematika datang mengunjungi saya. Dari matanya terlihat teman saya itu lelah sekali, seperti habis begadang semalam suntuk. "Hartono, bisa tidak kamu pecahkan problem kalkulus integral, saya semalaman gak tidur berusaha memecahkan problem matematika, tugas dari dosen", kata teman saya. "Seperti ini soalnya", kata teman saya sambil memberi secarik kertas bertuliskan hitung kalkulus integral yang kelihatannya sederhana, polos dan mudah dipecahkan. Besok saya datang kesini untuk tahu solusinya.

Gila benar! Ada juga orang yang terobsesi dengan matematika sampai gak tidur semalaman. Teman saya tahu kalau saya penggemar matematika, karena itu ia datang menemui saya. Tapi saya tidak terlalu serius seperti teman saya. Sekarang kan sudah zaman komputer, bisa loh komputer diprogram untuk memecahkan persoalan dalam bentuk simbolik seperti persamaan-persamaan aljabar.

Karena sudah ada program komputer yang bisa memecahkan persoalan matematika berbentuk simbolik, saya jadi malas (baca: tak mampu) berfikir, suruh saja komputer berfikir untuk kita. Buat apa susah-susah apalagi sampai tidak tidur semalaman. Komputer saya nyalakan, kemudian buka software MathCad, saya ketik simbol-simbol seperti tertera dalam problem teman saya itu, kemudian komputer berpikir keras mencari solusi. Beberapa puluh detik kemudian ....solution not found! Jawaban tidak ditemukan.

Waduh, komputer pun gak tahu solusinya! Jangan-jangan si Dosen matematika juga gak tahu solusinya dia cuma mengolok-olok murid-muridnya. Kalau benar seperti itu, terlalu! kata bang Oma Irama.

Besoknya ketika teman saya datang, saya berkata: "Saya sudah tanya komputer, tapi komputer tidak tahu jawabannya". Hari itu ia baru tahu kalau komputer ternyata mampu menyelesaikan soal-soal simbolik. Sekarang sudah banyak software membantu kita berurusan dengan matematika, misalnya MathCad, Mathlab, Mathematica dan lain-lain. Namun ada saja orang yang lebih bahagia tenggelam dalam dunia simbolik yang memabukkan.

Sekarang saya sudah lupa seperti apa soal kalkulus yang membuat teman saya susah tidur. Kalau sekedar ingin tahu soal integral yang terlihat gampang tapi tak ada jawabannya, saya bisa tanya mbah google dengan kata kunci: "calculus integral simple but no solution". Saya dapatkan soal yang terlihat sederhana, polos dan mudah dipecahkan, padahal tidak bisa dipecahkan. Contoh soalnya seperti ini:

 integral

Sampai sekarang saya masih meng-koleksi MathCad bajakan di laptop saya, walaupun sekarang hampir tidak pernah mengunakannya lagi, he, he, he.....Iseng iseng tanya MathCad, memang benar MathCad (baca komputer) tidak mengetahui solusi dari probem kalkulus diatas. 

Kalau ditanya soal kalkulus integral yang ada jawabannya, komputer akan menjawab cepat sekali, lebih cepat dari juara olimpiade matematika sekalipun. misalnya

integral2

Komputer akan menjawab:

 integral3

 Gila benar! Jika kita periksa, ternyata jawaban komputer tepat sekali. Ini namanya aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memecahkan persoalan matematika.

Kembali ke problem catur, katanya kompasianer yang bernama Indira Revina sempat tak bisa tidur gegara terobsesi dengan problem catur. Saya yakin itu problem catur asli, bukan problem olok-olok seperti dosen matematika yang barusan saya ceritakan. Artinya problem catur itu memang ada solusinya.

Tetapi, saya tidak yakin non putri yang bernama Indira Revina tidak bisa tidur gegara problem catur tersebut. Saya tahu, bagi orang sekaliber non putri, tak ada problem catur yang sulit untuk dirinya. Non Putri hanya bermaksud memprovokasi kita, pembaca kompasiana agar penasaran. Mengingat non putri kompor bleduk alias provokator kelas wahid.

Memang benar ada orang yang menjadi ter-obsesi dengan problem catur sampai susah tidur, bahkan ketika tidurpun mimpi problem catur. Hari gini gak bisa tidur gegara problem catur??!!  Buat apa bersusah payah hanya untuk menyelesaikan problem catur sampai kurang tidur. Kesehatan kita akan terganggu. Sekarang kan sudah zaman komputer, bisa loh komputer diprogram untuk memecahkan problem catur. Program komputer untuk bermain catur disebut Chess Engine. Kalau anda merasa kesulitan memecahkan problem catur, cobalah minta bantuan Chess Engine, maka Chess Engine akan membantu memecahkan problem catur dengan cepat dan sempurna. Sekalipun demikian ada saja orang bahagia berkelana di bumi datar dengan 64 petak, lupa bahwa sebenarnya bumi itu bulat!

Ini dia problem catur dari non putri yang tampak sederhana, polos dan mudah dipecahkan, tapi nyatanya sulit sekali!

Putih giliran melangkah, tiga langkah hitam mat

p4wn chess engine

Computer hitam putih

Cobalah anda melangkahkan buah catur dengan click and drag menggunakan mouse. Berusahalah membuat skak mat raja lawan. Engine catur akan berusaha meloloskan diri. Bila salah melangkah: anda dipastikan gagal membunuh raja lawan pada sejumlah langkah yang ditentukan! Bila gagal, ulangi sekali lagi sampai berhasil.

Peran dapat dibalik, engine berusah membunuh dan anda mencoba meloloskan diri. Bagaimanapun  mustahil dapat meloloskan diri karena engine dapat memecahkan problem ini dengan sempurna. Untuk membalikkan peran silahkan click radio button (tombol berbentuk lingkaran). Jika sebelumnya engine memainkan hitam, click radio button putih (demikian pula sebaliknya). Dengan cara ini anda mendapatkan kunci jawaban dari problem catur ini. Hal ini sebaiknya jangan dilakukan,  berusahalah memecahkan problem sendiri. Jangan mudah menyerah!!

Engine bisa juga bermain dengan dirinya sendiri dengan meng-click radio button hitam dan putih secara bergantian.

Gens Una Sumus!

jadilah orang yang pertama mengirim komentar